Penyebab Harga Emas Turun


Plasadana.com – Harga emas terus melorot pada hari ini dan belum beranjak dari rekor terendahnya sejak akhir Desember 2011. Kali ini apa penyebabnya?

Pada perdagangan bulan ini, harga emas diperdagangkan terus melorot, dan status instrumen investasi aman sebagai perlindungan (save haven) adalah dolar AS. Berikut adalah lima penyebabnya:

Pertama, situasi politik di Yunani belum menentu, sehingga mengganggu pemulihan ekonomi negara tersebut, dan memberikan ketidakpastian di kawasan Eropa. Investor pun bingung. Ditambah lagi krisis ekonomi di Spanyol yang kian buruk.

Kedua, dalam situasi tak menentu ini, investor mulai mencari instrumen aman serta menguntungkan. Dolar AS saat ini sedang bagus, mengingat sinyal positif pada perekonomian negeri tersebut.

Ketiga, sepanjang tahun ini ternyata perilaku harga emas lebih cenderung bergerak bersamaan dengan aset-aset penuh risiko. Statusnya sebagai tempat aman untuk berlindung dari ketidakstabilan ekonomi global goyah.

Keempat, investor lebih percaya dengan dolar AS, yang memiliki hubungan terbalik dengan harga emas. Ketika dolar diburu, kebalikannya terjadi pada emas.

Kelima, produsen perhiasan di India, importir emas terbesar di dunia, dalam situasi gamang melihat pergerakan harga. Saat ini mereka ada di luar pasar untuk melihat harga keseimbangan baru yang akan terbentuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s